Senin, 30 November 2015

NAMA KERONCONG KEMAYORAN TAK LEPAS DARI SEJARAH MUSIK KERONCONG INDONESIA


Keroncong kemayoran tentu saja merupakan bagian dari dunia musik Keroncong Indonesia. Mereka, tokoh keroncong Kemayoran adalah orang-orang dengan dedikasi tinggi terhadap musik keroncong Indonesia. Memiliki hubungan serta keterikatan emosional dengan musik yang selalu dikhaskan serta identik dengan orang jawa dan dengan demikian  sebutannya menjadi keroncong Jawa  dikarenakan banyak orang jawa yang menyukai jenis musik yang satu ini . Grup Keroncong kemayoran youtube

Budiman BJ Tokoh Keroncong Indonesia
Biola adalah alat musik yang dipakai  musik keroncong Kemayoran sejak dahulu ketika musik keroncong di bawa oleh bangsa Portugis sampai ke tanah Jawa.  Memang tidak bisa dihindari. Salah satu penyebabnya mungkin dari banyaknya penyanyi keroncong Kemayoran yang yang berdarah Betawi di perkumpulan Keroncong Kemayoran  dan  yang berdarah  Jawa  Budiman BJ di Group Bintang Jakarta salah satunya dan  perkumpulan  keroncong Jawa membawa pulang pengaruh musik keroncong Jawa kekampung halamanya. Entahlah, rasanya penyanyi keroncong Kemayoran juga banyak yang berasal dari daerah lain, tapi yang lebih mendapatkan kesempatan mungkin para tokoh keroncong jawa dari daerah Jawa maka keidentikan tersebut menjadi ciri khas yang dalam perkembangannya mendapat sebutan bahwa keroncong adalah musik orang Jawa.
Ciri khas musik keroncong Jawa  yang mendayu-dayu dan bernada  lembut sepertinya menjadi salah satu faktor yang identik  dan semakin memperkuat kesan musik keroncong Jawa  dengan tokoh keroncong Indonesia berdarah Jawa. Mendengarkan musik keroncong Jawa , pasti akan langsung membawa kita ke dalam suasana Jawa yang khas.

Keberadaan tokoh keroncong di Indonesia ini belakangan harus diakui mendapatkan sedikit ganjalan. Tertindas oleh kemajuan zaman, musik-musik keroncong asli   perlahan mulai tergeser oleh musik-musik beraliran masa kini. Berbeda ketika dulu musik keroncong kemayoran   masih menjadi jenis musik yang masih banyak digemari atau jaman keemasanya.

Meskipun demikian, musik keroncong asli nyatanya masih mempunyai penggemar setia. Acara-acara keroncong asli  yang kini sudah tidak begitu banyak terdengar kenyataannya masih saja diminati dan dikunjungi oleh para penggemar musik keroncong asli. Tokoh keroncong Indonesia masih memiliki tempat  di hati para penggemarnya.

Musik keroncong di Indonesia  berasal dari Portugis, dan berkembang di Nusantara lewat para pelaut dan budak kapal niaga bangsa tersebut. Di masa penjajahan, musik keroncong Indonesia   berkembang pesat dan melahirkan lagu-lagu keroncong Indonesia dengan cita rasa nasionalisme yang kental. Salah satu tokoh keroncong Indonesia   yang terkenal masa itu adalah Ismail Marzuki.

Selanjutnya, musik keroncong Indonesia tetap populer di masa-masa awal kemerdekaan, bahkan terus koroncong Indonesia bertahan hingga beberapa dekade berikutnya. Belakangan ini memang keroncong asli  mulai berkurang popularitasnya dibanding musik-musik modern. Tokoh keroncong Indonesia pun perlahan ikut kehilangan pamor. Namun, keroncong asli  kita telah menjadi warna yang unik dalam perkembangan musik keroncong di tanah air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar